Rabu, 28 Maret 2012

Jenis-jenis Manga

Apa aja sih, jenis-jenis manga ?
Baca di sini !!!

 


SHONEN – Manga untuk anak lelaki, biasanya lebih ke genre adventure, fantasy dan action. Ditargetkan untuk anak laki-laki kisaran usia 8 sampai 18 tahun. Shonen adalah gaya manga paling populer dan banyak diminati, karena terdapat adegan-adegan pertarungan yang dapat memicu adrenalin pembacanya. Manga jenis ini antara lain : ‘Dragon Ball Z’, ‘Naruto’, ‘One Piece’, dsb.

SHOUJO – Manga untuk anak perempuan, biasanya lebih ke arah romantis, hubungan dan interaksi antar tokoh, serta minim terjadi perkelahian atau peperangan. Ditargetkan untuk anak perempuan dengan jangkauan usia antara 12 sampai 18 tahun. Jenis Manga kedua yang paling populer setelah Shonen. Manga yang terkenal dengan gaya ini antara lain: ‘Sailor Moon’, ‘Love Hina’, dan ‘Chobits’.

SEINEN – Manga untuk lelaki dengan jangkauan usia antara 18 sampai 30 tahun. Karena cerita dan gambarnya yang lebih mengandung unsur kekerasan yang brutal serta jalan cerita yang lebih kompleks, maka manga jenis ini digolongkan kepada jenis manga dewasa. AKIRA adalah salah satu contoh komik jenis ini.

JOSEI – Manga yang ditargetkan untuk perempuan muda yang bekerja atau para ibu rumah tangga. Jangkauan usia pembaca manga jenis ini adalah 21 sampai 30 tahun. ‘Soap Opera’ adalah salah satu yang masuk dalam kategori ini.

HENTAI – Manga yang mengandung konten pornografi dan adegan seksual.

JIDAIGEKI – Manga yang mengandung unsur sejarah di dalamnya. Seperti jenis Shonen, manga jenis ini pun berorientasi pada perkelahian dan peperangan namun di zaman-zaman lampau. Manga yang masuk jenis ini adalah : ‘Vagabond’, ‘Lone Wolf and Cub’, dan ‘Rurouni Kenshin’.

MECHA – Manga yang lebih bercerita tentang pertempuran robot raksasa serba canggih. Lebih dibumbui pertarungan besar-besaran baik di darat maupun di udara, banyak ledakan di sana-sini, serta tujuan untuk menyelamatkan bumi dari ancaman-ancaman tertentu. Jenis manga seperti ini bisa dilihat dari ‘Gundam’, ‘Voltus V’, ‘Voltron’, dsb.

BISHOUJO – Salah satu jenis manga yang cukup populer juga, dipenuhi hampir semua karakter (biasanya anak perempuan atau binatang) yang dibuat lebih imut dan menggemaskan. Conoh manga untuk kategori ini: ‘Hello Kitty’ dan ‘Hamtaro’.

BISHONEN – Manga yang menggambarkan tipe lelaki yang ‘cantik’, menghilangkan sisi maskulin karakter pria-nya seta meningkatkan sisi feminin-nya. Manga yang masuk dalam kategori ini antara lain: ‘Peach Girl’ dan ‘X/1999’.

SHOUJO AI – Manga yang menceritakan percintaan yang antara sesama jenis atau homoseksual/lesbi. Jenis Shoujo Ai ini menceritakan hubungan romantis antara sesama perempuan. Nama lain dari jenis manga ini adalah Yuri.

SHONEN AI – Sama seperti jenis manga sebelumnya, Shonen Ai adalah tipe manga yang bercerita tentang hubungan sejenis, hubungan antar sesama lelaki. Nama lain dari jenis manga ini adalah Yaoi.
 
KODOMO – manga untuk anak kecil dengan kisaran usia 6-10 tahun. Biasanya merupakan gabungan antara manga jenis Bishoujo, Shonen dan Shoujo, namun dengan target usia yang lebih muda.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar