Minggu, 15 April 2012

Memilh Tas Traveling



Tas yang kita gunakan untuk perjalanan juga menentukan semudah apa perjalanan kita nanti. Tas yang terlalu besar akan mendorong kita untuk membawa terlalu banyak barang (overpack), sedangkan tas yang terlalu kecil akan mendorong kita untuk membeli tas lagi.

Di sisi lain, ergonomi tas juga penting, jangan sampai tas yang kita gunakan sehari-hari untuk berkeliling malah memberatkan diri sehingga punggung sakit, misalnya. Berikut beberapa tips memilih tas untuk perjalanan:


 

 

Tipe

Ransel, jinjing, seret atau koper? Di antara semua pilihan itu, mana yang paling cocok digunakan di hampir semua jenis perjalanan? Kalau saya, tas ransel dan jinjing menjadi favorit karena fleksibel dan ringkas. Khawatir berat dan susah dibawa? Di sinilah pentingnya ergonomi. Berkeliling di bandara? Jangan khawatir, selalu ada troli jika sangat dibutuhkan. Tas seret dan koper cenderung berat, menyulitkan dan berpotensi membahayakan individu lain, misalnya ketika mengangkat ke kompartemen bagasi pesawat di dalam kabin.

 

Desain

Pilih tas yang memaksimalkan ruang. Tas dengan dimensi mendekati persegi akan lebih maksimum dalam memanfaatkan ruang, sedangkan yang dimensinya cenderung “aerodinamis” atau melengkung justru mengurangi ruang. Selain dimensi, bahannya harus kuat, sambungan dan retsletingnya jika ada harus berkualitas tinggi. Cari tas yang banyak kompartemennya. Jika tidak, belilah kantong-kantong kecil (pouch) yang bisa mengorganisir bagian dalam tas. Warna bebas sesuai selera, namun jika bisa unik maka lebih baik karena mempermudah pencarian ketika mengambil bagasi, misalnya.

 

Ukuran

Pejalan independen akan selalu mengutamakan membawa bagasi dalam kabin saja, sehingga harus menuruti ukuran maksimum kabin maskapai pada umumnya, sekitar 105 - 185cm total dengan menjumlah panjang, tinggi dan lebar tas. Jika memilih ransel, usahakan memilih yang ramping tetapi tinggi, daripada pendek tapi melebar. Jika harus memiliki tas seret atau koper, usahakan yang kecil atau sedang. Perhatikan ukuran maksimum bagasi kabin.

 

Muatan

Sebisa mungkin, cari tas yang ukurannya bisa menampung baju minimal tiga pasang dan maksimum tujuh pasang. Tujuan utamanya di sini adalah agar perjalanan itu mudah dan jika bepergian dengan pesawat, tidak perlu melakukan baggage check-in. Pertimbangkan juga isi tas lain seperti misalnya peralatan elektronik, alat mandi, dokumen, dan lain sebagainya. Satu atau dua tas cukup untuk setiap perjalanan. Pertimbangkan juga kekuatan maksimum tas tersebut, misalnya sekian kilogram atau liter.

oleh Sigit Adinugroho, disadur dari Yahoo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar