Sabtu, 28 Januari 2012

Hair Extension

Hair
Extenson
 
 
 
 
Hanya dalam satu-dua jam saja, rambut pendek Anda bisa terurai indah bak rambut selebritas. Tak perlu menunggu berbulan-bulan bahkan tahunan agar rambut bisa sepanjang yang Anda impikan. Hanya dalam satu dua jam saja, rambut pendek Anda bisa terurai indah. “Hair extension ini bukan lagi suatu tren kecantikan, tapi sudah merupakan kebutuhan,” ujar Cay Cay, penata rambut kenamaan dan pemilik dari Cay Cay Art of Beauty Salon “Banyak juga pelanggan yang datang, karena telanjur potong pendek, tapi ternyata tidak cocok dengan karakter dirinya. Ada pula yang rambutnya terlampau tipis, dan menginginkan volume. Di sinilah hair extension diperlukan. Tak hanya berfungsi untuk menambah panjang rambut, tapi juga memberi efek tebal. Hal ini menunjang kepercayaan diri mereka,” lanjutnya.
 
DARI MANA RAMBUT ITU BERASAL?
Material hair extension yang digunakan kini sangat beragam, dari rambut asli, sintetis, hingga campuran keduanya. “Jika hendak memasang hair extension permanen, hindari yang sintetis atau campuran. Sebaiknya menggunakan rambut asli. Selain lebih mudah ditata, jatuhnya lebih alami,” papar Cay Cay. Anda bisa memilih teksturnya pula, mulai dari alami (sedikit bergelombang), bonding (lurus), keriting kecil (ceramic wave), hingga keriting besar (jet-set wave). Varian warna juga beragam, mulai dari palet natural hingga warna-warna yang fancy.

Untuk pasar Asia, rambut wanita India banyak digunakan. Kualitas terbaik didapat dari rambut para gadis yang berasal dari kuil-kuil di India. Karakter rambutnya tebal, sedikit bergelombang dan berumur muda.

“Ini dikarenakan tradisi agama mencukur rambut yang dilakukan oleh para gadis-gadis di sana. Sedari kecil hingga remaja mereka memanjangkan rambut, dan menginjak dewasa mereka memangkasnya,” ujar Cay Cay. Untuk wanita Eropa, rambut dari Rusia banyak diminati karena kualitasnya paling baik.
TRIK AGAR HARI EXTENSION SUKSES
Selain hairdresser yang berpengalaman (keahlian parting/pembagian wilayah rambut asli dan teknik menggunting sesudah dilakukan extension), pemilihan kualitas hair extension yang digunakan sangat berpengaruh.

“Ingin hasil yang prima? Gunakan rambut dengan kualitas yang baik,” tegas Cay Cay. Baik di sini maksudnya adalah usia rambut extension tidak terlalu tua atau remaja, tidak melewati proses kimia (rambut virgin), komposisi rambut baik, dan penyortiran ujung dan pangkal rambut dilakukan dengan benar. Komposisi yang dimaksud adalah, misalnya Anda memilih extension dengan panjang 40 cm, maka setidaknya 75% terdiri dari rambut dengan panjang tersebut, sisanya boleh lebih pendek.

Mengenai ujung dan pangkal rambut,  berkaitan dengan kehalusan rambut. Jika komposisi ujung dan pangkal rambut tidak terbalik, maka saat dipegang dari atas ke bawah akan terasa halus. “Ini karena susunan kutikelnya sama, yaitu menghadap ke bawah,” terang Cay Cay.

Hal ini juga bisa menjadi indikasi rambut tersebut baik atau tidak. Caranya, jika Anda tarik dari atas ke bawah terasa halus, dan jika ditarik dari atas ke bawah terasa kusut, berarti rambut yang digunakan berkualitas baik, karena masih memiliki kutikel alami rambut. Namun, jika ditarik dari arah berbalik pun tetap halus, kemungkinan besar ujung dan pangkal terbalik dan sudah diproses kimia (karena lapisan kutikelnya menipis).
APA SAJA KEKURANGANNYA?
Segala sesuatu yang artifisial selalu mengundang pro dan kontra. Rumor mengatakan, hair extension dapat menyebabkan rontok dan kebotakan. Benarkah?

“Itu tidak benar. Jika rambut dalam keadaan normal (tidak dalam fase rontok) dan selama pemasangan dilakukan dengan benar, sesuai prosedur, serta perawatan berkala yang tepat, kemungkinan tersebut kecil,” ujar Cay Cay.

Yang perlu diperhatikan adalah sebelum melakukan aplikasi sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu. Pengecekan kondisi kulit kepala dan rambut juga menentukan hasil akhir.

“Tapi, saya tidak menyarankan melakukan hair extension bagi yang memiliki masalah kerontokan atau kulit kepala berketombe,” paparnya.

Masalah yang sering timbul adalah kenyamanan. Sambungan dari extension akan terasa sedikit mengganggu, terutama saat kita tidur, seperti ada yang mengganjal. “Itu faktor kebiasaan saja. Sama halnya dengan kawat gigi. Awalnya akan terasa aneh, namun lama-kelamaan akan terbiasa. Biasanya memerlukan waktu adaptasi selama seminggu,” terangnya lagi.

Bagi para pemula, disarankan tidak terlalu banyak menggunakan hair extension pada awal pemasangan. Tujuannya, untuk membiasakan terlebih dahulu.

AGAR MAKIN CANTIK!
1Pewarnaan atau Pengeritingan
Extension permanen: Pewarnaan atau pengeritingan dilakukan secara terpisah. Untuk pengecatan rambut extension per helai, selain cat, bisa juga dilakukan dengan cara mencampur per helai sampai mendapat warna yang diinginkan (tentu saja dengan mengecat rambut asli terlebih dahulu sesuai keinginan).
2Catok
• Extension permanen: Sama halnya dengan blow, keringkan dulu bagian akar hingga bagian atas sambungan. Beri shine serum, lalu catok seperti biasa. Hindari memberi shine serum dan mencatok pada bagian sambungan.
• Hair clip: Catok terlebih dahulu rambut asli. Jika menggunakan hair clip yang terbuat dari rambut asli, Anda bisa mencatoknya kalau terlihat kurang lurus atau kurang rapi. Catok secara terpisah, baru kemudian dipasang.
3Blow
• Extension permanen: Keringkan dulu bagian akar hingga bagian di atas sambungan, kemudian blow secara keseluruhan. Produk styling seperti mousse atau hair spray juga bisa diaplikasikan. Karena material extension yang digunakan rambut asli, maka akan bereaksi seperti layaknya rambut biasa saat ditata. Jangan menempelkan mulut hairdryer terlalu dekat dengan sambungan, karena dapat mengakibatkan lem atau jahitan rusak.
• Hair clip: Blow dulu rambut asli, kemudian hair clip dipasang, lalu tata dengan jari.
EXTENSION JUGA PERLU DISAYANG
Agar penampilan hair extension tetap prima, perawatan harian dan berkala juga perlu diperhatikan.

Do
• Lakukan pengecekan berkala setiap 1 – 1,5 bulan untuk merapikan helai extension yang lepas, sehingga rambut tidak terlihat kusut.
• Saat keramas, kepala harus tegak atau mendongak, dan gerakan jari hanya boleh secara vertikal atau horizontal dan tidak terlalu renggang.
• Sebelum tidur disarankan mengepang kendur atau mengikat kendur rambut (dengan ikat rambut berbahan lembut) agar hair extension tidak kusut. Jika Anda termasuk tidak banyak bergerak saat tidur, cukup disisir rapi.
• Boleh mengaplikasikan kondisioner, namun bubuhkan pada ujung rambut saja. Begitu juga halnya dengan leave-in-conditioner. Hal ini diperlukan agar hair extension tak mudah kusut dan tetap berkilau.
• Menyisir dari arah bawah baru ke atas untuk menghindari rambut kusut. Sisir bagian atas dengan sikat sasak hingga 2 cm sebelum sambungan, lalu sisir bagian sambungan dengan sisir biasa.
• Untuk partial weave / full weave, jaga bantalan kepang selalu kering, agar terhindar dari iritasi kulit kepala.
• Untuk partial weave / full weave, setiap tiga bulan sekali mintalah kepada penata rambut untuk mencuci bagian yang menyatukan rambut asli dan extension, kemudian memasangkannya lagi.
• Untuk hair clip, saat tidak dipakai, simpan secara rapi (digulung dengan kertas, atau disimpan dalam kantong plastik per helai).

Don’t
• Keramas dengan membalikkan kepala atau melakukan gerakan memutar. Hal ini membuat rambut menjadi kusut.
• Mengaplikasikan kondisioner pada sambungan ring/lem extension. Hal ini membuat daya rekatnya berkurang.
• Tidak mencopot hair clip saat tidur atau keramas. Membuatnya cepat kusut dan rusak.
• Menggunakan kembali extension bekas pakai. Extension diciptakan untuk digunakan sekali pakai. Jika digunakan kembali, kondisinya dipastikan tidak layak dan mudah kusut.
• Mencatok bagian sambungan ring/lem.


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar