Kamis, 05 Januari 2012

Profile Lengkap DBSK

 


TVXQ adalah kelompok boy band bentukan SM Entertainment. Kelima anggotanya mendalami tari, akting, a cappella, dan musik pop dengan warna R&B. TVXQ adalah singkatan dari nama kelompok ini dalam bahasa Tionghoa, Tong Vfang Xien Qi. Di Korea, mereka disebut sebagai Dong Bang Shin Ki (disingkat DBSG atau DBSK), sedangkan di Jepang disebut Tohoshinki (東方神起). Penamaan grup ini dalam 3 bahasa semuanya berarti “dewa yang muncul dari Timur”.
DBSK

Anggota

  • Max Chang Min
Nama panggung: MAX – Choi Kang Chang Min (최강창민 atau 最强昌珉)
Nama asli: Shim Chang Min (심창민, 沈昌珉)
Tempat, tanggal lahir: Seoul, 18 Februari 1988
Tinggi badan: 186 cm
Max
  • U-Know Yun Ho (leader)
Nama panggung: U-KNOW – U-Know Yun Ho (유노윤호 atau 瑜卤允浩)
Nama asli: Jung Yun Ho (정윤호, 鄭允浩)
Tempat, tanggal lahir: Gwangju, 6 Februari 1986
Tinggi badan: 184 cm
U-Know
  • HERO Jae Joong
Nama panggung: HERO – Young Woong Jae Joong (영웅재중 atau 英雄在中)
Nama asli: Kim Jae Joong (김재중, 金在中)
Tempat, tanggal lahir: Chungnam, 26 Januari 1986
Tinggi badan: 180 cm
Hero
  • MICKY Yoo Chun
Nama panggung: MICKY – Micky Yoo Chun (믹키유천 atau 秘奇有天/秘奇有仟)
Nama asli: Park Yoo Chun (박유천, 朴有天)
Tempat, tanggal lahir: Seoul, 4 Juni 1986
Tinggi badan: 180 cm
Micky
  • Xiah Jun Su
Nama panggung: XIAH – Xiah Jun Su (시아준수 atau 細亞俊秀)
Nama asli: Kim Jun Su (김준수, 金俊秀)
Tempat, tanggal lahir: Gyeonggi, 1 Januari 1987 (catatan resmi), tanggal lahir sebenarnya: 15 Desember 1986
Tinggi badan: 178 cm
Xiah

Perjalanan karier

2004

TVXQ memulai debutnya tanggal 26 Desember 2003 dengan membawakan lagu Hug serta versi a capella “O Holy Night” bersama BoA. Walaupun baru muncul, mereka langsung diakui sebagai grup musik idol. Selanjutnya, mereka merilis dua singel sekaligus, (“Hug” dan “The Way U Are”), lengkap dengan buku foto.
Hug

2005

Debut mereka secara resmi di Jepang ditandai dengan merilis singel bahasa Jepang, “Stay with Me Tonight” pada 27 April 2005. Sebelumnya di Jepang mereka sudah merilis versi bahasa Inggris single “Hug” dan album perdana Tri-Angle. Singel bahasa Jepang ke-2, “Somebody to Love” dirilis 13 Juli tahun yang sama, dan sampai di urutan ke-7 tangga singel Oricon.
Masih di tahun 2005, TVXQ juga merilis singel ke-3 di Jepang, “My Destiny”, album Korea ke-2, Rising Sun, dan single Show Me Your Love bersama rekan selabel, Super Junior. Di akhir tahun, TVXQ menerima penghargaan musik video terbaik untuk lagu “Rising Sun” dan People’s Choice Award versi Mnet KM Music Video Festival.
Triangle
Show Me Your Love Feat Super Junior

2006

Sebelum merilis album ke-3 di musim gugur 2006, TVXQ melakukan tur promosi dan pertunjukan keliling di Malaysia, Thailand, dan China. Selanjutnya mereka sibuk belajar bahasa Jepang sambil mempersiapkan tur perdana di Jepang untuk promosi album Heart, Mind and Soul. Setelah itu, TVXQ tampil di Jepang dalam konser musim panas “a-nation” yang diselenggarakan setahun sekali oleh perusahaan rekaman Avex Trax. Di panggung yang sama juga tampil Hamasaki Ayumi, Koda Kumi, dan Namie Amuro.
Heart Mind and Soul
Di Thailand, TVXQ menerima dua penghargaan Thailand Music Awards untuk Musik Video Terbaik (Rising Sun) dan Artis Asia Favorit. Selain itu, mereka masih menerima 2 penghargaan lain di Thailand (“Popular Vote Asia Artist” dan “Virgin Hits Awards 2006″). Di tahun yang sama, singel ke-7 berjudul “Sky” sempat duduk di urutan ke-6 tangga lagu Oricon.
Album ke-3, “O”-正.反.合. (dibaca ‘O’ – Jung.Ban.Hap) dibuat dalam 2 edisi. Edisi pertama dirilis 29 September 2006, sedangkan edisi ke-2 dirilis 11 November 2006. Sebulan setelah diedarkan, album tersebut sudah laku di atas 100 ribu keping dan menjadi album terlaris tahun 2006 di Korea.
Album DVD mereka, All About TVXQ menjadi DVD terlaris tahun 2006 di Korea Selatan, setelah laku sebanyak 47.186 keping. Selanjutnya, TVXQ menjadi bintang tamu di Festival Film Asia Pasifik ke-51 di Taipei, dan membawakan lagu “‘O’-Jung.Ban.Hap.”  Pada MKMF Music Festival 2006, mereka memenangi 4 penghargaan, termasuk Grup Terbaik dan Artist of the Year. Pada 1 Desember 2006, TVXQ menerima 3 penghargaan sekaligus pada Seoul Music Festival ke-16, termasuk penghargaan “Daesang” (Artis Terbaik)
DBSK

2007

Pada 7 Maret 2007, singel ke-10 mereka “Choosey Lover” dirilis di Jepang, dan menduduki urutan ke-5 tangga singel Oricon. Masih di bulan yang sama (14 Maret 2007), TVXQ merilis album bahasa Jepang Five in the Black, dan berhasil menduduki urutan ke-6 tangga album Oricon.
Singel bahasa Jepang TVXQ ke-11, “Lovin’ You” sampai di urutan ke-2 tangga singel Oricon pada 13 Juni 2007. Keberhasilan tersebut disusul single ke-12, “SUMMER ~Summer Dream/Song for you/Love in the Ice~” (1 Agustus 2007) yang langsung menduduki puncak tangga lagu Oricon.
Summer Dream

2008

Mirotic adalah album Korea ke-4 TVXQ, dirilis pada tanggal 26 September 2008. Mirotic sendiri dalam bahasa Inggris berarti “maze” atau labirin seperti diusulkan oleh Kim Jaejoong. Album ini sudah direncanakan sejak tahun 2007, tetapi belum ada keputusan mengenai judul album hingga Januari 2008. Hanya dalam 3 hari setelah album dirilis, album Mirotic berhasil lagi menjadi album TVXQ terlaris selama tahun 2008 di Korea. Pada tanggal 15 November 2008, album ini memenangkan penghargaan Album Terbaik Tahun 2008 MKMF Korean Music Festival Awards.
Koreografer video musk 주문-MIROTIC, bekerja sama antara koreografer Korea and Kenny Wormald, yang juga bekerja sama dengan koreografer bintang pop Justin Timberlake, Chris Brown, dan Christina Aguilera.
Mirotic
Mirotic

2009

Pada awal tahun 2009, mereka meriliss singel ke-25, “Bolero/Kiss the Baby Sky/Wasurenaide”. Singel ini merupakan singel yang hanya diedarkan di Jepang. Salah satu lagu dari singel ini, “Wasurenaide” dijadikan lagu iklan salah satu produk kosmetik Menard di Jepang. DBSK juga merilis lagu “Survivor” yang merupakan lagu beat bertempo cepat. DBSK juga mengeluarkan album baru yang berjudul The Secret Code yang memuat lagu sebanyak 14 buah. Dalam 2 hari penjualan album ini sudah terjual lebih dari 100 ribu kopi, dan menduduki peringkat ke-2 dalam tangga lagu Oricon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar