Kamis, 15 Desember 2011

Info Lengkap Artis & Manajemen Artis Korea

Anda Penggemar  Korea ?
Anda hafal nama manajemen artis idola anda ?
Saya punya infonya untuk anda

 
 

Artis Korea!

Demam artis Korea kini sudah menghebohkan Asia terutama Indonesia. Bukannya apa-apa, ya memang karena mereka keren! Skill dan fisik mereka seimbang mungkin karena mereka sudah ditempah pihak manajemen seperti itu. (Seperti yang kita tahu skill dan fisik yang utama dibutuhkan oleh Manajemen seperti SMent, YG, JYP).
Artis Korea ini memang betul-betul mengembangkan sayapnya menguasai Asia layaknya Bollywood dan Hongkong yang sudah lebih dulu. Ada konsorsium dari Promotor yang akan mendukung artisnya merambah Asia.
Laiknya Jepang dan China, yang budayanya terkenal juga. Korea pun begitu, faktor budaya yang mendukung mereka. Makanya, sekalipun mereka memproduksi film atau drama dengan latar tempoe doeloe takkan akan kalah dengan film atau drama modren yang beredar. Budaya mereka memiliki daya tarik tersendiri. Terutama pakaian adat mereka Hanbok.
Hanbok pria dan wanita
Hanbok
————

Perjalanan Karier Artis Korea!

Artis Korea yang layak ditrainee  biasanya dilihat dari usia dulu. 12-17 tahun dan mereka akan melewati masa trainee yang cukup lama terkadang 1-3 tahun maka itu mereka dicari yang muda-muda. (Disini tak ada cerita instant). Selama masa trainee biaya ditanggung manajemen. Jika si artis sudah debut maka hasil akan dibagi namun pembagian ini tidak akan adil. Karena akan lebih banyak pada manajemen ketimbang artis, alasannya adalah mengganti biaya selama mereka ditrainee.
Kehidupan artis juga sangat begitu ketat, terkadang pihak manajemen meminta mereka untuk tinggal di asrama. Mereka juga tidak bisa melakukan kegiatan hidup seperti biasa. Terkadang dalam berpacaran mereka dilarang, tunggu sampai usia 30 tahun!
Kesuksesan mereka raih, namun bagi mereka mencari sesuap nasi sangat sulit (Ya itu tadi karena pembagian yang tak adil). Lain lagi dengan fans-nya yang terkadang membuat mereka tertekan karena terlalu berlebihan. Fans juga melalui internet memuji-muji mereka, namun keadaan esok bisa berubah 180º artis mendapat makian dari fans-nya. Persaingan pun membuat mereka harus berusaha lebih giat lagi (menambah tekanan). Mau tak mau mereka harus melakukan operasi plastik agar membuat mereka percaya diri (sama seperti artis Indonesia yang tak selamanya natural).
Tak ayal, banyak para artis Korea mengalami depresi dan akan berakhir bunuh diri. Alasannya, karena tekanan dari pekerjaan, hujatan dari fans dan lain-lain.
Jang Ja Yeon (Sunny, BBF) sendiri mengakhiri hidupnya dengan tragis karena tak tahan harus melayani berahi 31 pria.
Jang ja yeon
Jan Ja Yeon
——————-

Usia Artis Masih Produktif Meski Kepala Tiga

Kalau ini berdasarkan pengamatan saya aja sich (hehehe) belum pernah lihat ada yang membahas umur mereka jadi dibahas aja!
Menurut saya kalau dilihat mereka itu muda-muda. Tetapi dari itu semua ada sebagian yang mendekati kepala tiga!!! Namun peran yang mereka dapat, peran-peran yang aman gitu… Contohnya, jadi anak kuliahan, jadi ibu muda belum punya anak, jadi pegawai kantoran. Hehehehe… Contohnya, Kim Tae Hee nama panggilannya Angel.(Gila!!! Kelahiran 1980 itu tapi perannya muda beuuud). Emang sich karena dia cantik jadi umur gak kelihatan. Dia dikenal sebagian penduduk Korea sebagai “The Most Beautiful Woman Korea”.
Kim tae hee
Kim Tae Hee
—————–

Perbandingannya sama Artis Indonesia!

Baiklah kita mulai dari mana yak?
  • Akting nangis! Kalau artis Korea itu raut wajahnya diam nah tiba-tiba udah mengucur airmata seember. Kalau artis Indonesia, suara udah menjerit-jerit setengah mati dan bentuk wajah udah muter-muter tapi airmatanya kayak pipis semut kali yeee?
  • Artis Korea terkenal dibarengi usahanya, kalau Indonesia terkadang instant mode on seseudah itu namanya akan menguap ke udara.
  • Usia… Artis Korea mampu bertahan pada kariernya walau usia sudah kepala 3. Kalau Indonesia, umur 25 aja terkadang mendapat peran emak-emak kalau tidak peran antagonis. Yang jaya di Indonesia umur belasan tahunlah (Aman hehehe)
  • Drama/Sinetron… Korea musiknya(Backsound) pelan, tapi kalau Indonesia musiknya seperti mau perang! Coba perhatikan. Artisnya lagi bahagia sedikit aja tiba-tiba DRUMMM!!!!DRUUUMMM!!!! Mau tabrakan dibuatlah backsound se-ironi mungkin. {-,-}
  • Dan yang ini betul fakta, tak bisa dipungkiri. Banyak artis Indonesia menjiplak Boyband mereka!!!
 Fact:

★  Untuk menjadi artis di korea tidak semudah yang kita pikirkan.
Ada 2 syarat utama: face and skill.. Yang paling utama SKILL. karena style / face bisa diubah★  Perusahaan artis seperti SMent biasanya mencari ‘calon artisnya’ dengan kriteria : mukanya fresh, rambutnya bagus, gigi putih, dan double eyelids
★  Untuk dapat mengikuti trainee artis suatu manajemen artis di korea, ada 3 tahap yang harus dilalui .
★  Usia ‘calon artis’ yg dicari biasanya antara 12-17tahun.. dengan waktu trainee yg panjang . Hal ini juga bisa dilihat dari hasil yang diperoleh setelah masa trainee. Tapi ga semua artis berkualitas harus d trainee lama-lama. ya kembali ke SKILL masing-masing calon artis itu
★  Untuk para trainer (calon artis yg belum debut) semua kebutuhan ditanggung manajemen tapi pas udah debut biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen.. itungannya bayar biaya selama si artis di trainee gitu
★  3 Manajemen terbesar di korea : JYP Entertainment, YG Entertainment, SM Entertainment
★  penyanyi korea yg masih muda-muda (kayak kpop grup gitu) disebut IDOL disana
★ Kalau grup-grup yang baru debut disebut rookie group dan biasanya ga terlalu di gubris orang korea sana
★  Rookie grup biasa debut di acara music populer di korea, MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core
★  Kalau suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown
★  Artis wajib mengikuti semua schedule yg udah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari! makanya mereka harus tinggal di dorm / asrama khusus yang udah disediain
★. Katanya nih wajah-wajah melayu susah kalo mau debut di korea soalnya orang korea kurang suka muka melayu.  >< orang indonesia kan hampir semua wajahnya begtu ><
★. Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa
★ Korean fans itu loyal banget! mereka rela ngabisin uang buat beli CD, poster, dan barang2 lainnya yg berhubungan dengan idol mereka
★. CD/Calendar/dan merchandise KPOP lainnya adalah barang yg paling laris di korea. justru produk-produk kayak kosmetik, baju, dll adalah nomer kesekian buat mereka alias ga penting-penting banget!
★. kebanyakan korean fans cuma punya 1 fandom / fanbase / fansclub, ga lebih! paling banyak 2-3 lha. Mereka konsisten! Kalau udah dari awal suka sama satu grup, sampe kapanpun ga bakal ganti tapi tetep ada pengecualian.. Misal fandom awal mereka ELF, sampe kapanpun mereka adalah ELF.. kalau misalnya mereka juga suka SHINee, mereka ga akan menyebut diri mereka Shawol. paling kalo sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka Shinee’s fans atau SNSD’s fans bukan fandom! fandom mereka cuma 1. Konsisten !
★. Karena ke konsistenan mereka itu, walopun ada artis terkenal dihadapan mereka, mereka ga bakal peduli kalau itu bukan bias / artis idola mereka! gitu juga dengan K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton kalo yg main itu salah satu dari kpop grup favorit mereka. jadi jangan heran kalo ketemu orang korea trus kamu tanya “kenal sama artis …. ga?” trus dia jawab ga kenal pdhl artis famous. Hmmm @@ beda banget sama fans d indonesia. hahahhaa #plak
★. penjualan album KPOP juga pasti melunjak kalo lagi comeback! biasanya 1 orang fans bisa beli lebih dari 5 CD KPOP yg sama!! alasannya? karena penjualan album kpop itu yg menentukan peringkat kpop idol favorit mereka di chart seperti dosirak, soribada, dll! menurut Korean Fans bukan fans beneran kalo ga bela-belain beli album idol favorite mereka krn masuk korean chart penting bgt!!
★. Dikorea, ga cuma anak muda yg demen kpop, kalo lagi fanmeeting jangan kaget tiba2 liat ahjumma / ibu-ibu ikutan ngantri. Bahkan kakek/nenek pun ada.
★ Orang korea cinta banget sama budaya mereka. dan artis-artisnya diwajibkan mempromosikan apa aja ttg korea, tentang negara mereka.
★ kalo di SM audisi menuntut Skill dan Fisik, kalo di JYP.. Selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan lolos gak nya. waktu mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka, dan harus ranking! Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis, bakal dapet peringatan, setelah dapat peringatan dan nilai rapot tetap rendah, maka siap-siap dikeluarin deh dari jyp
★ di korea pernah ada pepatah “kalau kamu ga bisa sukses dibawah SM Ent, berarti dibawah manajemen manapun ga akan pernah sukses”
★ Persaingan para idol di korea itu kuat banget loh, makanya mereka ga takut buat oplas sana-sini biar ga kalah saingan. ga jarang ada artis yg bunuh diri karena ga mampu bersaing dengan artis-artis lainnya O.O
★ SM Entertainment adalah salah satu perusahaan yang berpengaruh di korea! karena artis dibawah manajemen mereka biasanya slalu sukses
★ Ada bebrapa manajemen yg mewajibkan artisnya tinggal di dorm, kalo asli dr luar daerah, mereka harus mau pindah ke seoul.
★ Korean fans suka ngasih hadiah bintang buat artisnya karena menurut mereka bintang itu abadi dan bakal diingat terus :’)
★ Fans di korea ga peduli idolanya oplas atau enggak. Menurut mereka yang penting adalah bagaimana idolnya sekarang bukan bagaimana idolnya dulu
★ YG Entertainment ga peduli penampilan seseorang, yang terpenting bagi manajemen itu adalah skill-nya bukan sekedar bagus tapi harus Luar Biasa dan orang tersebut adalah type pekerja keras
★ Perbandingan artis yg debut dan artis yg gagal disaat bersamaan adalah 1:10 . Maksudnya kalau hari ini ada 1 artis yg debut di suatu manajemen, berarti disaat yg sama ada 10 artis yg gagal atau dikeluarin dr manajemennya
★ Fans di korea ga ragu buat mendonasikan uang mereka dalam jumlah besar untuk fandom mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar